tag:blogger.com,1999:blog-68052951865277221232024-02-08T02:55:27.649-08:00Shinta Ayu Reva Yunike KristiantiAyu Revahttp://www.blogger.com/profile/00433823821401121630noreply@blogger.comBlogger1125tag:blogger.com,1999:blog-6805295186527722123.post-42046984265862015032014-01-06T08:02:00.000-08:002014-01-06T08:02:03.917-08:00RPP IPS KTSP<div style="text-align: center;">
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN<br />(RPP)<br /> <br /><br /> <br /><br /><br />Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial</div>
<div style="text-align: center;">
Satuan Pendidikan : SMP/MTs<br />Kelas/Semester : IX /1<br /><br />Nama Praktikan : Shinta Ayu Reva Yunike Kristianti</div>
<div style="text-align: center;">
NIM : K5410057<br />Sekolah : SMP N 1 Kartasura<br /><br /><br /><br />KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN</div>
<div style="text-align: center;">
<br /></div>
<div style="text-align: center;">
<br /></div>
<div style="text-align: center;">
<br /></div>
<div style="text-align: left;">
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)<br /><br />Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Kartasura<br />Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)<br />Kelas/ Semester : IX (sembilan) / 1 (satu)<br />Standar Kompetensi : 3. Memahami perubahan sosial budaya <br />Kompetensi Dasar : 3.2. Menguraikan tipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan<br />Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 kali pertemuan)<br />A. Indikator<br />3.1 Mengidentifikasi tipe-tipe masyarakat dalam menyikapi perubahan.<br /><br />B. Tujuan Pembelajaran <br />Kognitif:<br />3.1. Siswa mampu mengidentifikasi tipe-tipe masyarakat dalam menyikapi perubahan.<br /><br />Afektif :<br />3.1. Siswa mampu untuk menyikapi tipe-tipe masyarakat dalam menyikapi perubahan.<br /><br />Psikomotor : <br />3.1 Siswa mampu menceritakan tipe-tipe masyarakat dalam menyikapi perubahan yang ada di lingkungan tempat tinggalnya.<br /><br /><br />C. Karakter yang diharapkan<br />1. Rasa ingin tahu<br />2. Ketelitian<br />3. Kepekaan Sosial<br />4. Berani<br />5. Tenggang rasa<br /><br />D. Materi Pokok<br />1. Tipe-tipe masyarakat dalam menyikapi perubahan.<br /><br />2. Metode Pembelajaran<br />Model : Cooperative Learning<br />Metode : Think Pair Share</div>
<div style="text-align: left;">
<br /></div>
<div style="text-align: left;">
</div>
<div style="text-align: left;">
</div>
<div style="text-align: left;">
</div>
<div style="text-align: left;">
3. Langkah-langkah Pembelajaran<br />Awal (10 menit)<br />1. Orientasi<br />• Guru memberi salam, memeriksa kebersihan kelas, dan menyiapkan peserta didik secara psikis maupun fisik.<br />2. Apersepsi</div>
<div style="text-align: left;">
• Guru mereview materi pertemuan sebelumnya <br />3. Pemberian Acuan<br />• Guru menyampaikan tujuan penyampaian materi <br />4. Motivasi<br />• Guru memberi motivasi kepada siswa terkait tujuan penyampaian materi</div>
<div style="text-align: left;">
<br /></div>
<div style="text-align: left;">
Inti (60 menit)</div>
<div style="text-align: left;">
1. Eksplorasi<br />• Guru meminta siswa menyimak materi yang ada pada modul dan buku teks<br />• Guru meminta siswa menggaris bawahi atau mencatat hal-hal penting atau yang kurang jelas.<br />• Guru menjelaskan materi tipe-tipe masyarakat dalam menyikapi perubahan <br /><br />2. Elaborasi<br />• Guru meminta siswa berpasangan dengan teman semeja untuk seling bergantian menyebutkan contoh tipe masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya dalam menyikapi perubahan yang ada.<br />• Guru meminta siswa membagi contoh kasus yang terjadi di masyaraktanya kepada teman-teman sekelas dengan cara presentasi di depan kelas.<br /><br />3. Konfirmasi </div>
<div style="text-align: left;">
• Memberi penguatan atas jawaban siswa.</div>
<div style="text-align: left;">
<br /></div>
<div style="text-align: left;">
Penutup (10 menit)</div>
<div style="text-align: left;">
• Guru melakukan refleksi materi yang telah dibahas berupa menarik kesimpulan bersama-sama dengan siswa terhadap semua materi yang telah disampaikan.<br />• Guru memberikan tugas untuk pertemuan selanjutnya, yaitu membaca materi selanjutnya yang ada di modul ataupun buku teks. </div>
<div style="text-align: left;">
<br /></div>
<div style="text-align: left;">
4. Sumber/ Alat/ Media Pembelajaran<br /> 1. Sumber<br /> a. Suparman, dkk. 2012. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Kelas IX SMPdan MTs. Solo : Global. <br /> b. Endarto, Danang dkk. 2009. Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu untuk Kelas IX SMP dan MTs. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.<br /> c. Legawa, I Wayan dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama Kelas IX. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.<br /> d. Modul IPS Terpadu kelas IX<br /><br />2. Alat<br /> a. Papan tulis<br /> b. Spidol<br /><br /><br /> Kartasura, Oktober 2013<br /> Guru Mapel IPS Praktikan<br /><br /> Rr. Siti Nurdjanti, S.Pd, M.Pd Shinta Ayu Reva Yunike K.<br /> NIP 196109211983032006 NIM K5410057<br /><br /></div>
Ayu Revahttp://www.blogger.com/profile/00433823821401121630noreply@blogger.com0