RPP IPS KTSP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
    

                      


Mata Pelajaran    : Ilmu Pengetahuan Sosial
Satuan Pendidikan    : SMP/MTs
Kelas/Semester    : IX /1

Nama Praktikan    : Shinta Ayu Reva Yunike Kristianti
NIM   : K5410057
Sekolah        : SMP N 1 Kartasura



KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah        : SMP Negeri 1 Kartasura
Mata Pelajaran        : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/ Semester       : IX (sembilan) / 1 (satu)
Standar Kompetensi   : 3.   Memahami perubahan sosial budaya
Kompetensi Dasar     : 3.2. Menguraikan tipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan
Alokasi Waktu           :  2 x 40 menit (1 kali pertemuan)
A.    Indikator
3.1    Mengidentifikasi tipe-tipe masyarakat dalam menyikapi perubahan.

B.    Tujuan Pembelajaran
Kognitif:
3.1.  Siswa mampu mengidentifikasi tipe-tipe masyarakat dalam menyikapi perubahan.

Afektif :
3.1.    Siswa mampu untuk menyikapi tipe-tipe masyarakat dalam menyikapi perubahan.

Psikomotor :
3.1    Siswa mampu menceritakan tipe-tipe masyarakat dalam menyikapi perubahan yang ada di lingkungan tempat tinggalnya.


C.    Karakter yang diharapkan
1.    Rasa ingin tahu
2.    Ketelitian
3.    Kepekaan Sosial
4.    Berani
5.    Tenggang rasa

D.    Materi Pokok
1.    Tipe-tipe masyarakat dalam menyikapi perubahan.

2.    Metode Pembelajaran
Model       :   Cooperative Learning
Metode       :  Think Pair Share

3.    Langkah-langkah Pembelajaran
Awal (10 menit)
1.    Orientasi
•    Guru memberi salam, memeriksa kebersihan kelas, dan menyiapkan peserta didik secara psikis maupun fisik.
2.    Apersepsi
•    Guru mereview materi pertemuan sebelumnya
3.     Pemberian Acuan
•    Guru menyampaikan tujuan penyampaian materi
4.    Motivasi
•    Guru memberi motivasi kepada siswa terkait tujuan penyampaian materi

Inti (60 menit)
1.    Eksplorasi
•    Guru meminta siswa menyimak materi yang ada pada modul dan buku teks
•    Guru meminta siswa menggaris bawahi atau mencatat hal-hal penting atau yang kurang jelas.
•    Guru menjelaskan materi tipe-tipe masyarakat dalam menyikapi perubahan

2.    Elaborasi
•    Guru meminta siswa berpasangan dengan teman semeja untuk seling bergantian menyebutkan contoh tipe masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya dalam menyikapi perubahan yang ada.
•    Guru meminta siswa membagi contoh kasus yang terjadi di masyaraktanya kepada teman-teman sekelas dengan cara presentasi di depan kelas.

3.    Konfirmasi
•    Memberi penguatan atas jawaban siswa.

Penutup (10 menit)
•    Guru melakukan refleksi materi yang telah dibahas berupa menarik kesimpulan bersama-sama dengan siswa terhadap semua materi yang telah disampaikan.
•    Guru memberikan tugas untuk pertemuan selanjutnya, yaitu membaca materi selanjutnya yang ada di modul ataupun buku teks. 

4.    Sumber/ Alat/ Media Pembelajaran
       1.    Sumber
               a.    Suparman, dkk. 2012. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Kelas IX SMPdan MTs. Solo : Global.
               b.    Endarto, Danang dkk. 2009. Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu untuk Kelas IX SMP dan MTs. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
               c.    Legawa, I Wayan dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama Kelas IX. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
               d.    Modul IPS Terpadu kelas IX

2.    Alat
       a.    Papan tulis
       b.    Spidol


                                                                                                           Kartasura,      Oktober 2013
                             Guru Mapel IPS                                                                 Praktikan

                     Rr. Siti Nurdjanti, S.Pd, M.Pd                                       Shinta Ayu Reva Yunike K.
                       NIP 196109211983032006                                                NIM K5410057

Komentar